prinsip efektifitas dan prinsip efisiensi pengembangan kurikulum



Definisi Prinsip Efektifitas dan Prinsip Efisiensi Pengembangan Kurikulum
Debby Indria Lestari
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Prinsip Efektivitas
Efektifitas dalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana yang direncanakan atau dapat diinginkan dapat terlaksana atau tercapai. Dalam mengembangkan kurikulum prinsip  efektifitas  berkaitan  dengan  pengendalian  mutu  keberhasilan  proses  kurikulum  (pembelajaran)  dalam  melejitkan  dan  mengoptimalkan  perkembangan  peserta  didik. Di dalam bidang pendidikan, efektifitas ini dapat ditinjau dari dua sisi yaitu efektifitas mengajar guru dan efektifitas belajar murid. Efektifitas mengajar guru terutama mencakup sejauh mana jenis-jenis kegiatan belajar mengajar yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Dalam rangka mengembangkan kurikulum, usaha untuk meningkatkan efektifitas mengajar guru perlu diperhatikan , misalnya melalui penataran. Efektifitas belajar murid terutama menyangkut sejauh mana tujuan-tujuan pelajaran yang diinginkan telah dapat dicapai melalui kegiatan belajar mengajar yang ditempuh. Dalam rangka pengembangan kurikulum, usaha untuk meningkatkan efektifitas kegiatan belajar murid dilakukan dengan memilih jenis-jenis metode (cara) dan alat yang dipandang paling ampuh didalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Prinsip Efisiensi
Efisiensi suatu usaha pada dasarnya merupakan perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dan usaha yang telah dikeluarkan (input). Efisiensi yang demikian kenyataanya sulit untuk membandingkan nilai hasil dan usahanya. Namun, dalam dalam pengembangan kurikulum dan pendidikan pada dasarnya prinsip kurikulum ini perlu diperhatikan baik dalam segi waktu, tenaga, peralatan, yang tentunya akan menghasilkan efesiensi dan segi biaya. Berkaitan dengan waktu, perlu sekali direncanakan kegiatan belajar mengajar sedemikian rupa sehingga murid tidak banyak membuang waktu disekolah dengan mengajar hal-hal yang bisa dikerjakan diluar sekolah dengan mencatat bahan-bahan yang ada dalam buku mata pelajaran. Sehubungan dengan efisiensi penggunaan tenaga dan peralatan perlu ditetapkan jumlah minimal murid yang harus dipenuhi oleh suatu sekolah dan cara menentukan jumlah guru yang dibutuhkan.
Referensi :
Soetopo, H., & Soemanto, W. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Bina Aksara

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar